Minggu, 18 Maret 2012

Penggunaan Fungsi wordwrap di PHP

mengenai fungsi string, ada juga function yang berguna untuk memotong jumlah string yang diinisialisasikan nilainya terlebih dahulu. contoh kasusnya seperti ini, saya mempunyai sejumlah kata, tapi saya ingin membatasi dalam 1 kalimat sebanyak jumlah kata yang ditentukan sebelumnya..
contoh :
kata "saya ingin belajar pemrograman PHP".. saya ingin membuat setiap jumlah karakter mencapai 10, maka otomatis tulisan berikutnya akan berlanjut ke bawahnya (dalam hal ini menggunakan tag <br />). nah, untuk melakukan hal itu, kita menggunakan function wordwrap

$jumlah_kata = 10;
$string = "saya ingin belajar pemrograman PHP";
$hasil = wordwrap($string,$jumlah_kata,"<br />",1);
echo $hasil;

maka hasilnya adalah :
saya ingin
belajar
pemrograma
n PHP

jadi , setiap karakter ke-10, akan berpindah ke bawah lagi karena perintah <br />

lho ?? emang apa gunanya function wordwrap ini pada penggunaan website ?
jelas ada gunanya. misalnya , pada kolom komentar ada pengunjung yang iseng nulis sembarangan seperti "asdfsssssssssssssssssdfasdfffffffffffffffffffffffffffffwwwwwwwwwwwwwweeeeeeeeeeeeeqqqqqqqqqqqqqq" . otomatis tulisan seperti ini akan merusak tampilan pada website. olehnya itu ,function wordwrap ini berguna juga untuk memfilter tampilan pada tulisan (string).
semoga berguna ....

3 komentar: