Senin, 19 Maret 2012

Apa Itu JavaScript ?

javascript ?? apa ada hubungannya dengan bahasa pemrograman Java ? JavaScript berbeda dengan Java, cuma namanya aja yang agak mirip. Javascript diciptakan oleh Netscape, sedangkan Bahasa Pemrograman Java dibuat oleh Sun Microsystem. Javascript merupakan bahasa pemrograman web yang digunakan agar website tampak lebih interaktif, bukan hanya fokus di tampilan saja. Javascript memiliki beberapa fungsi pada halaman web yang tidak bisa dilakukan oleh HTML (seperti validasi inputan, membuat cookies, dan masih banyak fungsi ajaib yang dimiliki oleh Javascript). saya pun berpendapat, kalo javascript merupakan bahasa pemrograman yang WAJIB dikuasai bila ingin menjadi pemrogram web.
Javascript Bekerja secara client side, artinya sang client yang mengakses website dapat melihat source code javascript di website itu. kalo tidak percaya, coba saja klik view source pada masing2 browsernya. pastinya anda akan melihat langsung kode javascriptnya.
Beberapa keunggulan dari javascript adalah sebagai berikut
1. ukuran filenya yang kecil, namun fungsinya sangat besar.
2. menjadikan website lebih interaktif (dinamis), client tidak hanya membaca informasi, namun dapat memberikan feed back pada website yang dia kunjungi. selain itu, javascript juga mampu membuat beberapa animasi yang sangat menarik. contoh yang paling sering dijumpai adalah penggunaan jQuery untuk membuat beberapa animasi.
3. mampu memvalidasi data yang diinputkan oleh client yang selanjutnya akan dikirimkan ke server.

itu saja pemahaman saya tentang javascript, apa masih ada tambahan ? pengetahuan anda (dalam bentuk komentar) sangat saya butuhkan. keep share ..!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar