Selasa, 20 Maret 2012

Dasar Pemrograman Javascript (menampilkan tulisan)

untuk javascript sendiri, cara menampilkan suatu pesan cukup dengan menggunakan keyword document.write("Kalimat yang akan ditampilkan"); , contoh kasus seperti berikut.
kita ingin menampilkan di halaman web berupa tulisan "Ini Tulisan Pertamaku" di halaman HTML (dengan kode javascript tentunya).


<script type="text/javascript">
document.write("Ini Tulisan Pertamaku");
</script>



ketika browser di buka , maka yang akan muncul adalah tulisan "Ini Tulisan Pertamaku"(tanpa  tanda petik). di javascript juga bisa kita sisipkan tag HTML. contoh seperti ini, kita akan menampilkan "Ini Tulisan Pertamaku" dengan penulisan yang tebal <b>.

document.write("<b>Ini Tulisan Pertamaku</b>");

maka yang akan muncul adalah Ini Tulisan Pertamaku (dalam huruf tebal). di javascript juga dikenal dengan tanda komentar yang biasanya dipakai untuk menjelaskan proses kerja dari kode yang dibuat dan tanda komentar tidak dieksekusi. untuk komentar 1 baris, cukup ditambahkan dengan tanda //, sedangkan untuk 1 paragraf tambahkan tanda komentar */ isi skrip /*

document.write("Ini Tulisan Pertamaku"); //ini adalah komentar satu baris, yang akan muncul adalah "Ini Tulisan Pertamaku"
/*
ini adalah penggunaan komentar lebih dari 1 baris
yang akan muncul adalah "Ini Tulisan Pertamaku"
*/

document.write("ini Tulisan Pertamaku");


kesimpulan :
1. untuk menampilkan text di javascript, tambahkan keyword document.write("your text here");
2. kita juga bisa menyisipkan tag HTML di dalam skript. document.write("your text here");
3. gunakan komentar untuk menjelaskan proses kerja skrip. untuk komentar yang panjangnya hanya 1 baris, gunakan tanda //, sedangkan untuk komentar yang agak panjang (1 paragraf) gunakan tanda /* */

sekian, mohon tambahannya ^____^!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar